( ILMU ,AMAL ,DAN SEBARKAN )

Hadist Qudsi

Hadits qudsiy ialah wahyu yg di turunkan pada nabi MUHAMMAD SAW dgn tanpa perantara malaikat bahkan dgn ilham atau mimpi , adakalanya berupa lafazh dan ma’na dan adakalanya lafazh saja dan NABI yg mengungkapkan dgn beberapa lafazh dari dirinya sendiri yg di nisbatkan pda ALLAH dan membaca hadits qudsiy tersebut tidak dianggap ibadah dan juga hadits qudsiy itu tdk mengandung mu’jizat.

ﻭﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﻘﺪﺳﻲ ﺃﻧﺰﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺑﻐﻴﺮ ﻭﺍﺳﻄﺔ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﻏﺎﻟﺒﺎ ﺑﻞ ﺑﺎﻟﻬﺎﻡ ﺃﻭ ﻣﻨﺎﻡ ﺇﻣﺎ ﺑﺎﻟﻠﻔﻆ ﻭﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﻭﺇﻣﺎ ﺑﺎﻟﻠﻔﻆ ﻓﻘﻂ ﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻪ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭ ﺳﻠﻢ ﺑﺄﻟﻔﺎﻅ ﻣﻦ ﻋﻨﺪﻩ ﻭ ﻳﻨﺴﺒﻪ ﺍﻟﻴﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻻ ﻟﻠﺘﻌﺒﺪ ﺑﺘﻼﻭﺗﻪ ﻭﻻ ﻟﻺﻋﺠﺎﺯ .
ﺗﻨﻮﻳﺮ ﺍﻟﻘﻠﻮﺏ : ﺹ : ٥٥١

> Ibnu Al-Ihsany

* al-qowaid al-asasiyah fi ilmi mustholah al-hadits pengarang :
muhammad bin alwy al-maliki al- hasani hal. : 16-19

 ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﻘﺪﺳﻲ ﻧﺴﺒﺔ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻘﺪﺱ ، ﻭﺍﻟﻘﺪﺱ ﻫﻮ : ﺍﻟﻄﻬﺎﺭﺓ ﻭﺍﻟﺘﻨﺰﻳﻪ ، ﻭﻳﻄﻠﻖ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻹﻟﻬﻲ ﻧﺴﺒﺔ ﻟﻺﻟﻪ ﻭﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﺮﺑﺎﻧﻲ ﻧﺴﺒﺔ ﻟﻠﺮﺏ ﺟﻞ ﻭﻋﻼ

Hadits Qudsiy
~~~~~~~~~~~
hadits yang dinisbatkan pada kata qudus, qudus yaitu ath-thaharah
(suci) dan at-tanzihv(membersihkan). disebut pulavhadits ilahy dinisbatkan pada ilahv(ketuhanan), dan juga disebut hadits rabbani dinisbatkan pada Rabb (Tuhan) yang maha agung dan luhur.

ﻭﻫﻮ ﻓﻲ ﺍﻹﺻﻄﻼﺡ : ﻣﺎ ﺃﺿﺎﻓﻪ ﺍﻟﺰﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺃﺳﻨﺪﻩ ﺇﻟﻰ ﺭﺑﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ، ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ، ﻣﺜﺎﻟﻪ ؛ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﺒﺎﺭﻙ ﻭﺗﻌﺎﻟﻺ ؛ ﻳﺎ ﻋﺒﺎﺩﻱ ﺇﻧﻲ ﺣﺮﻣﺖ ﺍﻟﻈﻠﻢ ﻋﻠﻰ ﻧﻔﺴﻲ ﻭﺟﻌﻠﺘﻪ ﻣﺤﺮﻣﺎ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻓﻼ ﺗﻈﺎﻟﻤﻮﺍ . . ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ

Hadits qudsiy menurut istilah : yaitu sesuatu yang disandarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada Tuhannya azza wa jalla yang selain al-qur’an. seperti :
Allah tabaraka wa ta’ala berfirman :(yang artinya kurang lebih) “wahai hamba hambaku, sesungguhnya aku mengharamkan kedzaliman atas diriku, dan aku menjadikan kedzaliman itu sesuati yang diharamkan atas kalian, maka janganlah kalian saling berbuat dzalim.” al-hadits.

ﺃﻭ ﻛﻘﻮﻝ ﺍﻟﺼﺤﺎﺑﻲ ﻣﺜﻼ : ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻴﻤﺎ ﻳﺮﻭﻳﻪ ﻋﻦ ﺭﺑﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ  ﻫﻜﺬﺍ

atau hadits qudsiy itu seperti ucapan shahabat semisal :
Rasulullah shollallohu alaihi wa sallam bersabda tentang perkara
yang beliau riwayatkan dari Tuhannya azza wa jalla : ….. begini begini …..

ﻭﺳﻤﻲ ﺣﺪﻳﺜﺎ : ﻷﻧﻪ ﻣﻦ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﻣﻦ ﺣﻜﺎﻳﺘﻪ ﻟﻪ ﻋﻦ ﺭﺑﻪ

hadits qudsiy disebut hadits : karena termasuk dari sabda Rasulullahi shollallohu alaihi wa sallam dan karena menceritakannya Rasulullah terhadap hadits dari Tuhannya.

ﻭﺳﻤﻲ ﻗﺪﺳﻴﺎ : ﻷﻧﻪ ﺃﺳﻨﺪ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺮﺏ ﺟﻞ ﻭﻋﻼﻭﻣﻦ ﺣﻴﺚ ﺇﻧﻪ ﺍﻟﻤﺘﻜﻠﻢ ﺑﻪ ، ﻭﺍﻟﻤﻨﺸﻲﺀ ﻟﻪ ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻤﻨﺰﻩ ﻋﻦ ﻛﻞ ﻣﺎ ﻻ ﻳﻠﻴﻖ

hadits qudsiy disebut qudsiy : karena disandarkan pada Tuhan jalla wa’ala dari segi yang berfirman dan yang merintis (sumber) terhadap hadits tersebut dan Tuhan adalah dzat yang suci dari setiap perkara yang tidak layak.

ﻭﻣﻦ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﻘﺪﺳﻲ ﻳﻈﻬﺮ ﺍﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻨﻪ ﻭﺑﻴﻦ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﻭﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﻨﺒﻮﻱ

dan dari mengetahui haqiqat tentang hadits qudsiy, perbedaannya akan terlihat
diantara hadits qudsiy, al-qur’an dan hadits nabawiy

ﺍﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﺍﻟﻘﺪﺳﻲ ﻭﺍﻟﻘﺮﺁﻥ  ؛ ﺍﻧﻔﺮﺩ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ ﺑﻤﺰﺍﻳﺎ ﻭﺧﺼﺎﺋﺺ ﻟﻴﺴﺖ ﺗﻠﻚ ﺍﻷﺣﺎﺩﻳﺚ ﻭﻫﻲ ﺗﺼﻮﺭ ﺍﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻨﻪ ﻭﺑﻴﻦ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻭﻫﻲ

 ١ ـ ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ :ﻣﻌﺠﺰﺓ ﺑﺎﻗﻴﺔ ﻋﻠﻰ ﻣﺮ ﺍﻟﺪﻫﻮﺭ ﻣﺤﻔﻮﻅ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﻐﻴﺮ ﻭﺍﻟﺘﺒﺪﻳﻞ ﻣﺘﻮﺍﺗﺮ ﺍﻟﻠﻔﻆ ﻓﻲ ﺟﻤﻴﻊ ﻛﻠﻤﺎﺗﻪ ﻭﺣﺮﻭﻓﻪ ﻭﺃﺳﻠﻮﺑﻪ

Perbedaan Antara Hadits Qudsiy dan Al-Qur’an Al-Qur’an mempunyai keutamaan
dan keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki hadits-hadits, keutamaan dan keistimewaan tersebut menjelaskan atau menampakkan terhadap perbedaan AlQur’an dan Al-Hadits. Antara lain :
1. Al-Qur’an : Merupakan mu’jizat yang kekal sepanjang masa yang terjaga dari perubahan dan distorsi, lafadznya mutawattir dalam kesemua kalimat-kalimat,
huruf-huruf, dan gaya bahasanya.

٢ ـ ﺣﺮﻣﺔ ﺭﻭﺍﻳﺘﻪ ﺑﺎﻟﻤﻌﻨﻰ

2. Haram meriwayatkan al-qur’an dengan ma’nanya

٣ ـ ﺣﺮﻣﺔ ﻣﺴﻪ ﻟﻠﻤﺤﺪﺙ ، ﻭﺣﺮﻣﺔ ﺗﻼﻭﺗﻪ ﻟﻠﺠﻨﺐ ﻭﻧﺤﻮﻩ

3. Haram menyentuhnya bagi orang yang berhadats, dan haram membacanya bagi orang yang junub dan semacamnya.

٤ ـ ﺗﻌﻴﻨﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ

4. Tertentunya dalam shalat

٥ ـ ﺗﺴﻤﻴﺘﻪ ﻗﺮﺁﻧﺎ

5. Ternamainya dengan sebutan Qur’an

٦ ـ ﺍﻟﺘﻌﺒﺪ ﺑﻘﺮﺍﺀﺗﻪ ، ﻭﻛﻞ ﺣﺮﻑ ﻣﻨﻪ ﺑﻌﺸﺮ ﺣﺴﻨﺎﺕ

6. Menjadi ibadah dengan membacanya, setiap huruf dari al- qur’an diberi dengan balasan 10 kebaikan

٧ ـ ﺗﺴﻤﻴﺔ ﺍﻟﺠﻤﻠﺔ ﻣﻨﻪ ﺁﻳﺔ ، ﻭﺗﺴﻤﻴﺔ ﻣﻘﺪﺍﺭ ﻣﺨﺼﻮﺹ ﻣﻦ ﺍﻵﻳﺎﺕ ﺳﻮﺭﺓ

7. Setiap perkataan/jumlah dari al- qur’an disebut ayat, dan setiap ukuran tertentu dari beberapa ayat disebut surat.

٨ ـ ﻟﻔﻈﻪ ﻭﻣﻌﻨﺎﻩ ﻣﻦ ﻋﻦ ﺍﻟﻠﻪ ، ﺑﻮﺣﻲ ﺟﻠﻲ ﺑﺎﺗﻔﺎﻕ ، ﺑﺨﻼﻑ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ

8. Lafadz dan ma’nanya dari sisi Allah, dengan wahyu yang disepakati para ulama’. berbeda halnya dengan hadits.

 

wallahu ta’ala a’lamu bishshowab.

LINK DIKUSI :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/761964697159674/
https://www.facebook.com/notes/pustaka-ilmu-sunni-salafiyah-ktb-piss-ktb/3067-pengertian-hadits-qudsiy/766718390017638

Tinggalkan komentar